Senin, 04 Oktober 2010

Fenomena Lubang Besar Di Permukaan Bumi

Pekan lalu Xinhua mengeluarkan daftar sepuluh lubang bumi yang menakjubkan. Apabila melihat lubang-lubang bumi ini, mungkin kita sadar betapa kecilnya kita di atas bumi ini. Lubang ini tidak hanya luar biasa, akan tetapi beberapa di antaranya benar-benar menakutkan. Berikut adalah kedelapan lubang besar dan dalam tersebut.


1.Darvaza Gas Crater, Turkmenistan

Lubang gas alam ini mulai ditemukan para ahli geologi pada tahun 1971, ketika pada saat itu sedang menggali untuk mencari gas alam lalu secara tiba-tiba tanah galian yg ada di bawahnya ambles, dan meninggalkan lubang yang sangat besar. Guna menghindari gas beracun yg keluar dari lubang tersebut maka lubang itu dibakar, dan apinya masih menyala hingga saat ini.





2. Kimberley Big Hole

Lubang ini adalah yang terbesar yang pernah digali manusia di atas bumi ini. Dari tahun 1866 hingga 1914 (ditutup pemerintah) sebanyak 50.000 penambang telah menggali lubang ini dan menghasilkan 2.722 kg berlian. Pertambangan ini mempunyai kedalaman 1.097 meter dan garis tengah lubang ini adalah 463 meter. Jumlah tanah yang terbuang oleh penambangan diperkirakan sekitar 22,5 juta ton. Lokasinya berada di Kimberly, Afrika Selatan.












3. Monticello Dam

Lubang ini merupakan spillway terbesar di dunia yang berguna ketika bendungan dalam kondisi kelebihan air yang harus dilimpaskan dari waduk. Dengan ukuran ini mampu melimpaskan 14.400 kaki kubik air setiap detik. Lokasi lubang ini berada di Bendungan Monticello, California, Amerika.







4. Bingham Canyon Mine

Lubang ini dibuat manusia untuk pertambangan tembaga. Pengerukan dimulai pada tahun 1863 dan masih terus berlangsung sampai sekarang. Pada saat ini ukuran lubang adalah dengan kedalaman 1.207 meter dan lebar 4.023 m. Lokasinya berada di pegunungan Oquirrh, Salt Lake City, Utah, Amerika.







5. Great Blue Hole

Lubang ini terbentuk sejak zaman es yang dikenal sebagai “blue hole”. Terdapat banyak “blue hole” di seluruh dunia, tetapi tidak seperti yang menakjubkan ini. Pada permukaan diameter lubang adalah 1.000 kaki, dengan kedalaman mencapai 400 kaki. Dengan jelas bisa diamati dengan menyelam. Lokasinya terletak 60 mil di lepas pantai Belize, Amerika Tengah.






6. Mirny Diamond Mine

Ketika dulu beroperasi sebuah truk memakan waktu dua jam dari atas hingga ke bawahnya. Pertambangan ini telah ditinggalkan. Pada kedalaman 525 meter dan diameter di atas 1.200 meter, bahkan telah ditetapkan larangan terbang di atas zona lubang karena beberapa helikopter pernah jatuh ke dalam lubang tersebut. Lokasinya berada di Serbia.








7. The Diavik Mine

Pertambangan ini dibuka tahun 2003 yang menghasilkan 8 juta karat atau sekitar 1.600 kg berlian setiap tahunnya. Pertambangan ini terletak di 300 km Yellowknife di timur laut Kanada.







8. Sinkhole

Pada tahun 2007 terjadi sebuah sinkhole atau lubang sedalam 300 kaki yang sanggup menelan Patung Liberty. Amblesnya tanah ini menelan puluhan rumah di Guatemala yang menewaskan 2 orang dan menyebabkan ribuan orang dievekausi. Lubang ini terjadi akibat hujan lebat dan aliran pembuangan bawah tanah sehingga permukaan tanah roboh.




9.Udachnaya Pipe

Pertambangan ini merupakan tambang permata yang rencananya akan berhenti tahun 2010. Tambang ini ditemukan tahun 1955 dengan kedalaman 600 meter. Lokasinya berada di Rusia.







10. Chuquicamata
Chuquicamata adalah pertambangan tembaga di Chili. Meski bukan yang terbesar di dunia, lubang di pertambangan ini penghasil tembaga terbesar di dunia dengan kedalaman lebih 850 meter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar