Jumat, 24 September 2010

Yonaguni Monument (Bawah Laut)

Yonaguni Monument terletak di barat daya Okinawa, Jepang, mengambil nama pulau kecil Yunaguni, di barat kepulauan Ryukyu, pulau yang membentang dari Kyushu ke Taiwan.
Pada bulan Juli 1986, Kihachiro Aratake, pemilik diveshop pada Yunaguni Island, tersesat di luar parimeter keamanan penyelaman, namun apa yang ditemukan sangat menakjubkan, seperti sebuah candi dengan struktur kira-kira panjang 240 kaki, dengan lebar 90 kaki, dan sejak itu pula menjadi perdebatan para geolog, arkeolog, dan sejarawan.
Masaaki Kimura, seorang profesor di Universitas Ryukyu dari Departemen Ilmu Fakultas, mengatakan"berdasarkan fosil-fosil hewan yang ditemukan di monumen tersebut, kira-kira Yonaguni Monument, tercipta sejak 6.000 sampai 10.000 tahun," sedangkan Robert Schoch yang dikenal redating tentang Sphinx, berpendapat "ini proses alami erosi yang sangat fundamental, spektakuler, sesuai dengam arus bawah air yang sangat kuat, telah membawa batu-batu saling bersusun sendiri, memberikan gari-garis erosi paralel dari waktu ke waktu, menciptakan fitur sudut dari Monument.

Para ilmuwan lainnya tidak setuju, karena bagaimanapun banyak fitur di sekitar monumen, termasuk apa yang nampak sebagai "pasca lubang," terlebih dengan susunan tangga, dan kesamaan struktur di sekitar pulau Yonaguni, hal itu tidak mungkin karena murni alami.
Pada akhirnya seluruh ilmuwan sepakat pada kesimpulan, bahwa struktur kemungkinan besar "terraformed," di mana tercipta karena fitur alami monumen, juga ada penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan "mereka" pada jamannya.
Sampai sekarang biarpun seakan para geolog, arkeolog, ilmuwan sepakat tentang adanya campur tangan manusia dalam penciptaan Yonaguni Monument, namun sebagian ilmuwan lebih percaya bahwa arus kuat dan erosi telah mengukir formasi dari dasar laut, ini berdasarkan pada salah satu batu disatukan bukan oleh pembangunan.
Yonaguni Monument terus menjadi daya tarik para wisatawan untuk menyelam dengan kedalaman sekitar 30 meteran, dengan catatan penyelam berpengalaman berlisensi harus berusaha sendiri untuk mencari Monumen tersebut, dan ternyata itu tidak mudah untuk ditemukan, karena seakan Yonaguni Monument antara ada dan tiada. (sakti, dari berbagai sumber)
Yonaguni Monument, Dunia Landmark Misterius ( 3 )Yonaguni Monument, Dunia Landmark Misterius ( 3 )Yonaguni Monument, Dunia Landmark Misterius ( 3 )Yonaguni Monument, Dunia Landmark Misterius ( 3 )Yonaguni Monument, Dunia Landmark Misterius ( 3 )Yonaguni Monument, Dunia Landmark Misterius ( 3 )


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar